Minggu, 25 Oktober 2009

Avometer

1.AVO meter atau multitester.
mungkin bagi semua orang sudah mengenal dengan istilah AVO meter, atau bisa juga kita sebut dengan multitester atau multimeter, kalo gak salah AVO meter itu singkatan dari AVO (Ampere Volt Ohm), yaitu alat untuk mengukur suatu arus atau tegangan yang memiliki satuan atau ukuran Ampere, Volt, dan Ohm.



2. Bagian-bagian pada AVO meter.
Bagian-bagian kalibrasi pada AVO meter yaitu Ohm, DCV (Direct Current Voltase), ACV (Alternatif Current Voltase), dan DCmA (Direct Current miliAmpere).

a. Ohm (?)

Biasanya untuk mengukur jalur pada sircuit/pcb, apakah jalur tersebut ada yang putus atau tidak, atau mengukur resistor, dll. Namun bisa juga digunakan untuk mengukur besarnya hambatan pada sircuit/rangkaian

b. DCV (direct Curent Voltase).

Tegangan DC atau tegangan searah adalah tegangan yang berada pada kondisi satu arah saja ketika menghantarkan arus listrik pada sebuah rangkain yang memiliki kutub positif dan negatif. sumber tegangan DC antaralain Baterai dan Accu (aki).

c. ACV (Alternatif Current Voltase).

Tegangan AC atau tegangan bolak-balik adalah tegangan yang menghantarkan arus listrik secara dua arah, yaitu pada sisi fasa dan massa (ground), contoh tegangan AC adalah tegangan listrik rumah (220 V atau 110 V).

d. DCmA (Direct Current miliAmpere).

Juga sangat jarang digunakan dalam sevice,,

4 komentar:

rizal_gituloh mengatakan...

klw buat ngukur kaki2 transistor PNP atau NPN rusak atw tidak gmana caranya coy??? tolong jelaskan step by step soalnya gak mudeng aq!!! trim's..

ryankampur mengatakan...

nih caranya,, mengukur transistor

IFAN mengatakan...

tolong dong jelasin bagian bagian + tempet'a n' fungsi dari bagian" avometer
ok
thx .. !!

ryankampur mengatakan...

ntar deh ane post,, tntang fungsi dan bagian2 dari avo,, klo skrng blum bsa...