Kamis, 03 Juni 2010

Warna dan nilai gelang pada Resistor

ngomong - ngomong tentang resistor, udah tw cara pengukurannnya tapi udah pada tw nilai warna warna pada resistor ga???


sedikit penjelasan dari ane tentang warna warna gelang dari resistor dan nilai toleransinya...

Biasanya warna gelang toleransi ini berada pada badan resistor yang paling pojok atau juga dengan lebar yang lebih menonjol, sedangkan warna gelang yang pertama agak sedikit ke dalam.Jumlah gelang yang melingkar pada resistor umumnya sesuai dengan besar toleransinya. Biasanya resistor dengan toleransi 5%, 10% atau 20% memiliki 4 gelang. Tetapi resistor dengan toleransi 1% atau 2% (toleransi kecil) memiliki 5 gelang...

  • warna 1 = Nilai angka pertama
  • warna 2 = Nilai angka kedua
  • warna 3 = Jumlah Nol
  • warna 4 = Toleransi
 
Gelang pertama dan seterusnya berturut-turut menunjukkan besar nilai satuan, dan gelang terakhir adalah faktor pengalinya. Misalnya resistor dengan gelang kuning, violet, merah dan emas. Gelang berwarna emas adalah gelang toleransi.

Tetapi biasanya untuk resistor ukuran besar ini nilai resistansi dicetak langsung dibadannya, misalnya 100 5W yang berarti 100 Ohm 5Watt atau ada juga seperti 1k2 5W 1200 Ohm 5Watt...

21 komentar:

Danil Edan mengatakan...

thanks infonya sob

ryankampur mengatakan...

yoi sama2. . .

om_rame mengatakan...

tuLisannya bermanfaat nih untuk menambah pengetahuan di bidang eLektonik, apaLagi saya adaLah orang yang awam di bidang tersebut.
terima kasih atas informasinya, saLam persahabatan. seLamat istirahat.

ryankampur mengatakan...

ane juga masih dalam tahap pembelajaran om. . .
ini hanya yang ane tw aja...

thx udah b'kunjung...

Ferdinand mengatakan...

Waduh dulu aku pernah belajar nie sob waktu SMA tapi sekarang udah lupa hahaha....

maklum kerjaanku ga nyambung saam itu hhe......tp makasih nie jadi refresh gy tentang itu hha....

Sukses slalu!!!
Makasih udah Follow balik Sob...

ryankampur mengatakan...

ane kan skrang baru lulus smk... mungkin kalo kerja ane juga kluar dari jurusan...

om_rame mengatakan...

kembaLi berkunjung untuk menambah iLmu pengetahuan disiniii...
-----------
o ya, menjawab pertanyaan sobat mengenai award.
menururut persepsi saya, award adaLah sebuah tanda kenangan untuk bLogger sahabatnya dengan kategori masing-masing, yakni sebuah penghargaan atas persahabatan yang teLah terjaLin.
itu aja jawaban saya, terima kasih.

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

ini pelajaran dulu saya waktu di SMP... :)

ryankampur mengatakan...

@om rame thx atas penjelasannya. . .
@scangkir teh wah smp udah di ajarin kayak gini... pasti smp negri... *nebak mode:on
hehehe

om_rame mengatakan...

wah masih di warna geLang dan niLai resistor nih, okeLah kaLo beg beg begono minta ijin mau baca "keLebihan dan kekurangan c-box.

ryankampur mengatakan...

silahkan om.. .

Rinda mengatakan...

aduh udah lama g knal soal gelang pd resistor...bljr lg ahhh ^^

ryankampur mengatakan...

Wah memang'a miss rinda skula.a jurusan elektro ta?

Umy Diary mengatakan...

salm knal dr umydiary.blogspot.com

oketrik mengatakan...

wah infonya bermanfaat nih, ^_^

Unknown mengatakan...

kalo itu mah q dah pernah di kasih tau sob di smp
tapi,,, boleh juga ilmunya
jadi ingetin q wktu smp

Ferdinand mengatakan...

Seingetku masih ada temen2nya tuh si resitor ya Sob...knp ga dibahas aja sekalian hhe....(ReQuest gtu)....

ryankampur mengatakan...

@umy lam knal juga... ^^

@oketrik sama2...

@anaz ane smp blum belajar kayak ginian om,,, ane blajarnya sma,, ini juga ane agy belajar... hehehe

@ferdinand masih banyak om,,, coba skrull lagi ke belakang....

Masda mengatakan...

Kebetulan dulu saya lulusan AV, jadi ya udah diluar kepala mas, btw nice inpo,,,

makmalf mengatakan...

wah belajar elektro pusing juga ya . .gimana dong nih, aku ntar kuliah di tek. elektro . .hahaha . .lulusan SMA ga punya dasar banget kan . .

ryankampur mengatakan...

@masda kalo ada yang salah mohon di koreksi.. .
@akmal elektro itu mudah, tergantung kemauan kita aja... kalo kita mw brusaha utk bisa, pasti bisa... dan sebaliknya... hehehe
*Sok mode:on